Cara Kerja cctv Online untuk Menjaga Keamanan Rumah dan Kantor

Cctv online merupakan salah satu jenis dari sekian banyak cctv yang mudah dipasang dan digunakan. Kata-kata online saat ini memang sedang booming karena hampir semua istilah sekarang mengandung online. Oleh sebab itu jika cctv tidak online juga maka akan ketinggalan zaman. Namun tahukah Anda bagaimana sebenarnya cara kerja cctv online? Sebenarnya gampang sekali, namun dalam pemasangan ternyata membutuhkan beberapa langkah.

5 Langkah Pemasangan Cctv Online yang Perlu Dipahami Sebelum Membeli

Ada 5 langkah pemasangan yang perlu dipahami pembeli sebelum membeli cctv online yaitu:

1. Letakkan Cctv pada Lokasi yang Tepat

Langkah pertama yang dilakukan ialah meletakkan cctv pada lokasi yang tepat. Ketepatan lokasi ini harus mempertimbangkan jaringan internet karena sifatnya online. Selain itu pastikan cctv dekat dengan adaptornya agar pemasangan kabel tidak terlalu panjang. Pertimbangkan juga mengenai hasil tangkapan dari cctv tersebut. Pastikan hasil dari pengambilan gambar sudah proporsional dan menyeluruh. Jangan sampai hasil gambarnya miring ataupun tidak bisa menyeluruh.

2. Nyalakan Cctv Setelah Menghubungkan Adaptornya ke Listrik

Untuk memahami cara kerja cctv online Anda harus menyalakan cctvnya terlebih dahulu. Nyalakan cctvnya setelah adaptornya dihubungkan ke listrik. Disini cctv akan segera on dan bisa segera merekam gambar. Namun sebelum bisa merekam gambar maka harus diatur dulu melalui aplikasi yang mendukung cctv tersebut. Pengaturan dilakukan untuk mengatur cctv agar sesuai dengan pengaturan yang disebutkan di dalam buku panduan dan berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Menginstal Aplikasi Vendor Cctv

Langkah selanjutnya melakukan instal aplikasi yang dibawa oleh vendor cctv tersebut. Penginstalan dilakukan untuk mengetahui fitur apa saja yang bisa diakses dan digunakan oleh cctv tersebut. Agar bisa digunakan untuk pemanfaatan yang maksimal maka sebaiknya Anda harus mengenali lebih dulu fitur-fitur yang ada. Biasanya fiturnya seperti pengulangan rekaman, kemudian live streaming ataupun panduan bagaimana pengaktifan suara. Fitur-fitur lainnya seperti bagaimana memotong video pada menit tertentu ataupun fitur lainnya bisa Anda pelajari lebih lanjut.

4. Mengikuti Buku Panduan

Agar cara kerja cctv online bisa bekerja semaksimal mungkin maka dalam pemasangan harus sesuai buku panduan. Instal aplikasi bisa dilakukan melalui handphone atau pc. Yang terpenting pada saat Anda melakukan setting untuk cctv ada jaringan internet. Kunci dari cctv online ialah jaringan internet, sehingga kalau tidak ada jaringan maka setting tidak akan berhasil. Ikuti satu per satu setiap panduan yang ada di buku agar pemasangan berhasil dan cctv bisa digunakan.

5. Kontrol Cctv Melalui Aplikasi

Setelah setting sudah dilakukan untuk cctv Anda maka langkah terakhir ialah melakukan kontrol cctv melalui aplikasi. Pengontrolan dilakukan dengan melihat apakah cctv sudah bekerja dengan benar. Apakah semua fitur aplikasi bisa digunakan dan penyimpanan gambar sesuai hasil setting? Jika memang belum sesuai maka harus dilakukan setting ulang agar hasilnya bisa sesuai dengan yang diinginkan. Namun jika sudah sesuai maka Anda tinggal melakukan kontrol atau memantau cctv yang ada.

Cara kerja cctv online memang sangat tergantung dengan jaringan internet, karenanya Anda harus memantau jaringannya. Cctv online sangat cocok untuk Anda gunakan jika melakukan pemantauan jarak jauh. Karena sistem pemasangannya terkadang suka muncul masalah maka Anda bisa meminta pemasangan ahlinya. Hubungi https://www.ksgsecuritysolution.id/blog/ untuk mendapatkan pelayanan pemasangan dan purna jual cctv lengkap. Pilih beberapa paket cctv yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga : Memahami Cara Kerja CCTV Untuk Kepentingan Anda